ICM Kendari, Sulawesi Tenggara Pendidikan Uncategorized

‘Menjadi Pendidik Idaman’ di Family Gathering 1440H Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari

Bismillah,

Tepatnya pada hari Sabtu, penanggalan 23 Dzulqo’dah 1440 H/ 27 Juli 2019 M, Divisi Pendidikan Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari menggadakan Family Gathering Khusus untuk Para Guru dan Staf di Lingkup Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari, dengan tajuk Menjadi Pendidik Idaman”. Acara Family Gathering ini akhirnya dilakukan setelah beberapa tahun sempat dilakukan kegiatan yang sama pula. Namun, yang membuat Family Gathering Kali ini lebih Menarik yaitu, Panitia penyelenggara membuat konsep Outdoor karena dilakukan disalah satu Objek wisata terkenal di Sulawesi Tenggara, yaitu Pantai Toronipa yang tepatnya di Daerah Konawe dengan tetap memberikan sentuhan Ukhuwah Islamiyah di dalamnya. Hal ini dipilih karena ingin memberikan suasana yang berbeda dibalik rutinitas para guru dan staf setiap hari kerjanya. Dengan memberikan sentuhan ‘Rihlah’ atau Liburan, diharapkan Family Gathering ini bisa menjadi ajang penguatan karakter para Guru dan Staf untuk menjadi Pendidik Idaman sebagaimana tajuk yang diangkat diatas.

“Ini adalah bagian dari Usaha Divisi Pendidikan Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari Untuk mewujudkan Guru-guru yang berkarakter, Profesional, memiliki kepedulian di dunia pendidikan dan bagaimana mendidik generasi-generasi Islam menjadi generasi Rabbani”

Anwar Djunaedi, ketika melakukan Reportase sebelum keberangkatan ke Lokasi Kegiatan

Tajuk itulah yang disampaikan oleh Anwar Djunaedi, Selaku Guru di SMA Tahfidzul Qur’an Mu’adz bin Jabal sekaligus Staf di Islamic Center Mu’adz bin Jabal ketika kami tanyakan terkait tujuan dari kegiatan Family Gathering kali ini.

Untuk merealisasikan tujuan diatas, tak tanggung-tanggung Pihak Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari, tepatnya Divisi Pendidikan menurunkan kurang lebih 2 Bus “Trans Lulo” dan 4 Bus “Halu Oleo” dan beberapa kendaraan internal ICM kendari. Bukan tak beralasan, tetapi dikarenakan Pihak Penyelenggara membebaskan para peserta Family Gathering kali ini untuk mengajak sanak keluarga untuk ikut berpartisipasi. Tak lupa juga, untuk menjaga ketertiban dan keamanan di Perjalanan, pihak penyelenggara berkerjasama dengan Polantas Kendari untuk membantu dalam pengamanan iring-iringan Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari.

Sejak Pagi, Empat Bus Halu Oleo telah disiapkan untuk mengantar para Peserta Family Gathering
Kendaraan ‘Trans Lulo’, Kebanggaan Kota Kendari yang akan Mengantar Peserta ke Lokasi Kegiatan
Kendaraan Direktorat Lalu Lintas yang disiapkan untuk Mengamankan Iring-iringan Kendaraan
Tampak dari Depan, Kendaraan yang dikendarai Ust. Zezen Zaenal Mursalin, Lc Bersama Ust. Dr. Muhammad Nur Ihsan, MA
Rombongan Peserta Telah Sampai di Lokasi Kegiatan

Dengan menempuh  sekitar 1 jam perjalanan, akhirnya peserta beserta penyelenggara kegiatan akhirnya sampai di Lokasi Kegiatan, tepatnya Di Objek Wisata Pantai Toranipa. Kegiatanpun dibuka dan diawali oleh sambutan MC Kegiatan, setelah itu dilanjutkan dengan Sambutan Direktur Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari, Ustadz Zezen Zaenal Mursalin, Lc. Beliau Menuturkan bahwa “Dengan Kegiatan-Kegiatan seperti ini, diharapkan kita sekalian akan semakin dekat dan semakin bisa lebih meningkatkan Ta’awun Alla Birri wa Taqwa kita semua”, tajuknya.

Setelah sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan Kegiatan inti Family Gathering kali ini, yaitu pemaparan wejangan atau nasehat oleh Ust. Dr. Muhammad Nur Ihsan, MA yang Qodarullah pada saat itu dengan senang hati ingin ikut serta dan menjadi Narasumber di Family Gathering Kali ini. Kegiatan ini adalah salah satu rangkaian kegiatan beliau ketika melakukan safari dakwah di Kota Kendari beberapa hari yang lalu. Dengan bertajuk “Menjadi Pendidik Idaman“, Al-Ustadz menyampaikan beberapa wejangannya terkait bagaimana menjadi Pendidik bukan sekedar mendidik, tetapi bagaimana menjadi Pendidik yang berakhlak baik serta bisa menjadi panutan.

Ketika MC Kegiatan membuka kegiatan dengan slogan kegiatan kali ini yaitu “Aku Pendidik Idaman”
Antusiasme Peserta, terutama para Asatidz dalam Mengikuti Kegiatan Family Gathering
Ketika Sedang Berlangsung, Kajian Khusus “Menjadi Pendidik Idaman” yang dibawakan oleh Ust, Dr. Muhammad Nur Ihsan, MA
Suasana Kajian Outdoor ketika beliau membahas bagaimana kiat menjadi Pendidik Idaman
Duduk Bersama mendengarkan Kajian, Syaikh Hamadah Abul Fatuh dan Syaikh Subhi Ghonim yang saat ini menjadi Pendidik juga di Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari
Tampak Ust. Zezen Zaenal Mursalin, Lc dan para peserta menyimak dengan seksama Kajian yang Sedang Berlangsung
Sesi Tanya Jawab Interaktif #1
Sesi Tanya Jawab Interaktif #2
Sontak Ekspresi Para Peserta ketika meneriakkan slogan “Aku Pendidik Idaman”
Karena untuk menimba ilmu bisa dimana saja

“Seharusnya, Orang pertama yang pertama kali mendapatkan Manfaat pendidikan itu adalah Pendidik itu sendiri, Dengan berlatarbelakang disiplin ilmu yang berbeda-beda, lalu dikumpulkan di suatu instansi pendidikan yang notabenenya hal ini sebagai ladang Dakwah untuk kita semua”.

“Adanya Rasa Ta’awun Alla Birri wa Taqwa, Saling mencintai Karena Allah, saling melengkapi dan memahami serta tak canggung untuk saling mengingatkan dalam kebaikan adalah beberapa komponen yang harus ada di lembaga pendidikan”

Seyogyanya, seorang pendidik adalah orang yang paling pertama harus belajar, membenahi dan mempersiapkan diri agar menjadi seorang pendidik idaman, karena terkadang pendidik harus menghadapi masalah yang tak diduga-duga dan pasti karena kita ingin menjadi pendidik idaman yang bernilai Islami, maka kita harus menyikapi masalah tersebut dengan cara yang islami pula.

Itulah beberapa wejangan yang diberikan oleh Ust. Dr. Muhammad Nur Ihsan, MA kepada para peserta. Setelah materi telah disampaikan, dilakukanlah Sesi Tanya Jawab Interaktif agar peserta dapat menyampaikan pertanyaan atau masalah yang sering ditemukan ketika bergelut dengan tugas dan fungsi masing-masing di lingkup pendidikan Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari.

Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi duduk bersama para pendidik dan staf untuk saling kenal mengenal. Adapun setelah itu, dilanjutkan dengan Sesi Games kreatif yang bertajuk kekompakan tim yang sudah di susun oleh panitia penyelenggara.

Pemanasan sebelum Games berlangsung
Permainan ‘Benar atau Salah’ yang sontak membuat para peserta tertawa terbahak-bahak
Disaat peserta saling adu ketangkasan dan kerjasama tim yang baik
Tim Pengajar SMP-TQ Tidak mau kalah bersaing
Guru, Pembimbing Tahfidz dan Kepala sekolah SD-TQ dalam satu Keceriaan

Tak terasa waktu sudah mendekati siang, menandakan waktu Istirahat dan Santap siang bersama di beberapa “Gazebo”  yang disiapkan oleh panitia penyelenggara. Sontak ketika suasana makan siang, adanya canda tawa, tua muda berkumpul dalam satu nampan, serta tak terlihat adanya sekat-sekat yang menandakan bahwa para guru dan staf yang berada di lingkup Islamic Center Mu’adz bin Jabal kendari merupakan suatu kesatuan yang memiliki tujuan yang sama, yaitu bagaimana menyebarluaskan syiar islam dan dakwah sunnah dengan berbasis pendidikan.

Behind The Scene, dibelakang layar, merekalah Panitia Penyelenggara yang mengurusi Konsumsi Peserta

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi Free Time, ada yang memilih bermain volly pantai, sepak bola, memancing, serta ada juga yang lebih memilih mengisi waktu luang dengan bermain dan bercanda ria bersama keluarga masing-masing, para anak-anak berlarian girang ketika mereka menemukan benda atau sesuatu di pinggir pantai yang sangat asing bagi mereka serta tak lupa para Ummahat wa Akhowat di lingkup mereka sendiri saling bercakap guna mengenal lebih dekat satu dan lainnya.

Sepak Bola Pantai Dengan Celana Cingkrang, Siapa Takut 🙂
Keceriaan pun semakin pecah ketika seseorang mencetak Goal di Gawang Lawan

Karena momen yang spesial, Tim media turun tangan untuk mengabadikan kenangan

Disisi lain, anak-anak mendapatkan Kegembiraan tersendiri untuk mengikuti Family Gathering Kali ini

Tak terasa di penghujung acara yang ditandai dengan sudah nyaris masuknya waktu Shalat Ashar, menandakan kegiatan sudah selesai dan peserta akan bersama-sama kembali menuju Kompleks Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari dan kembali ke rumah masing-masing. Diharapkan dari luaran kegiatan Family Gathering kali ini bahwa dengan mengedepankan Ukhuwah Islamiyah, para pengurus, pendidik dan staf di lingkup Islamic Center Mu’adz bin Jabal Kendari dapat lebih Profesional dalam tugas dan fungsi masing-masing, serta tak lupa menjadi pendidik idaman bukan hanya di Sekolah, tetapi juga di lingkungan sekitar.

 

Shares