ICM Kendari, Sulawesi Tenggara Pendidikan

Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ)

MHQ - ICM (3)

Di antara kegiatan yang rutin diadakan setiap tahun di Islamic Center Mu’adz Bin Jabal Kendari adalah kegiatan Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) atau Lomba Menghafal Alquran.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diharapkan mampu membentuk generasi muda yang berakhlak qur’ani. Salah satu upaya untuk mencapai harapan tersebut adalah dengan diadakannya lomba Hifdzil Qur’an yang mampu memberikan motivasi dan potensi bagi anak-anak sebagai generasi penerus yang nantinya akan menjadi juru dakwah dan penghafal Qur’an.

MHQ - ICM (7)

Mengajarkan Al-Qur’an kepada anak adalah hal yang paling pokok dalam Islam. Dengan hal tersebut, anak akan senantiasa dalam fitrahnya dan di dalam hatinya bersemayam cahaya-cahaya hikmah sebelum hawa nafsu dan maksiat mengeruhkan hati dan menyesatkannya dari jalan yang benar.

MHQ - ICM (10)

Para sahabat nabi benar-benar mengetahui pentingnya menghafal Al-Qur’an dan pengaruhnya yang nyata dalam diri anak. Mereka berusaha semaksimal mungkin untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anaknya sebagai pelaksanaan atas saran yang diberikan Rosulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dalam hadits yang diriwayatkan dari Mush’ab bin Sa’ad bin Abi Waqqash,

“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari).

MHQ - ICM (8)

Sebelum kita memberi tugas kepada anak-anak kita untuk menghafal Al-Qur’an, maka terlebih dahulu kita harus menanamkan rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Sebab, menghafal Al-Qur’an tanpa disertai rasa cinta tidak akan memberi faedah dan manfaat. Bahkan, mungkin jika kita memaksa anak untuk menghafal Al-Qur’an tanpa menanamkan rasa cinta terlebih dahulu, justru akan memberi dampak negatif bagi anak. Sedangkan mencintai Al-Qur’an disertai menghafal akan dapat menumbuhkan perilaku, akhlak, dan sifat mulia.

Kegiatan ini berlangsung  bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1437 H, para peserta yang hadir adalah peserta yang telah lolos setelah melewati beberapa tahap seleksi yang diadakan di 11 Mesjid

Musabaqah Hifdzil Quran (MHQ) ini mempertandingkan tiga kategori 1/2 Juz 30  Usia 4-6 Tahun, Juz 30 : Usia 7-8 Tahun, Juz 29,30 : Usia 9-12 Tahun.

Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Islamic Center Mu,adz Bin Jabal, Radio Mu’adz 94,3 FM serta dukungan sponsor dan pemberi donasi.

Shares