Cabang ICM Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Peresmian ICM Wakatobi Oleh Menteri Agama RI

Menag Meresmikan ICM Wakatobi

“Kedatangan saya di Wakatobi bukan hanya untuk menghadiri pertemuan dengan seluruh Kepala Kementerian Agama dan jajarannya se-Sulawesi Tenggara, namun sekaligus juga untuk meresmikan Islamic Center ini”. Demikian pernyataan Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Syaifuddin dalam acara peresmian Islamic Center Mu’adz bin Jabal, Wakatobi, Minggu 14 Pebruari 2016.

“Atas nama Kementerian Agama Republik Indonesia”, lanjut Menag, “Saya menyampaikan terima kasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Wakatobi, Ir. Hugua, atas selesainya pembangunan gedung Islamic Center yang kita resmikan saat ini”

Sumber-sumber resmi Pemerintah Daerah Wakatobi melaporkan, 1 Mei 2014 yang lalu telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Islamic Center Mu’az bin Jabal, Wakatobi. Tidak tanggung-tanggung, Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Al-Mukarrom Al-Ustadz Musthafa bin Ibrahim Al Mubarok turut menghadiri acara peletakkan batu pertama, dua tahun silam itu. Dalam sambutannya kala itu, Musthafa bin Ibrahim Al-Mubarok menyatakan, “Kalau Wakatobi ini membangun konsep wisata Islami, dimana kedatangan wisatawan adalah dalam rangka tadabbur alam dan mengagumi kebesaran ciptaan Allah, maka saya yakin Wakatobi akan tumbuh menjelma menjadi kiblat wisata Islami dunia”. Subhanallah.

Duta Besar Saudi Arabia itu tidak hanya menyampaikan harapannya saat itu, tetapi sekaligus juga menyatakan komitmen dukungannya. Dan salah satu bentuk dukungan, pihak Kedubes Saudi Arabia bertekad pula untuk membangun sebuah resort percontohan yang berlokasi di pesisir pantai dan berada satu kompleks dengan gedung Islamic Center Mu’adz Bin Jabal yang berada di wilayah Desa Matahora Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. “Saya berharap”, kata Dubes Saudi Arabia itu meyakinkan, “ ketika saya kembali berkunjung di tempat ini lagi pada suatu saat, apakah saat itu saya masih menjabat sebagai diplomat atau telah pensiun, tempat ini akan dipenuhi oleh orang-orang yang sedang menuntut ilmu”.

Kini, setelah kurang lebih 2 tahun waktu berlalu, tuntas sudah pembangunan Islamic Center di Kabupaten yang memiliki 750 jenis terumbu karang nan indah mempesona dan 942 jenis ikan serta biota laut itu. Dalam acara peresmian Islamic Center Mu’adz bin Jabal, Wakatobi, Minggu 14 Pebruari 2016, Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin sangat mengapresiasi dan sekaligus menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Wakatobi, Ir. Hugua, yang telah menginspirasi pemerintah Saudi Arabia untuk berpartisipasi dalam pembangunan Pusat Pendidikan Islam Mu’adz Bin Jabal di Wakatobi ini.

Shares