ICM Kendari, Sulawesi Tenggara Sosial

“Tebar Kebaikan” di Tebar Qurban ICM 1440 H

Bismillah,

Beberapa hari lalu, Seluruh Kaum Muslimin Merayakan Hari Ied’ Adha 1440 H. Dan untuk menyiapkan hari besar islam tersebut, seperti tahun-tahun sebelumnya, Para Pengurus Masjid menyiapkan Lapangan Untuk Shalat Ied’ Adha, Para pedagang-pedagang dipasar ramai dengan menyuguhkan Daging-daging segar dan Bumbu-bumbu masak agar bisa ditukarkan menjadi Pundi-pundi rupiah, para Ummah/ ibu-ibu dirumah menyiapkan Makanan Khas Ied’ adha, dan Semua kalangan yang tidak bisa disebutkan satu-satu pasti bersukacita dengan Hadirnya “Hari Raya Kurban” ini.

Tetapi, dibalik sukacita itu, terbesit benak penulis tentang ingatan Bencana Banjir yang menimpa saudara-saudari kita yang berada di Konawe Utara dan Konawe, Sulawesi Tenggara beberapa bulan yang lalu.

Bagaimana Keadaan Disana Sekarang ?

Pakaian Apa yang Mereka Gunakan Untuk Shalat Ied’ Adha?

Dan Makanan Apa yang mereka santap dengan Riang Gembira di Hari yang Menggembirakan ini?

Seperti yang kita ketahui bahwa, di beberapa lokasi di daerah Konawe Utara dan Konawe ada yang nyaris Rata Dengan Tanah, ada yang pada saat bencana terjadi Rumah Mereka Tenggelam Sepenuhnya sampai yang terlihat hanya Atap, bahkan ada yang belum sempat menyelamatkan harta benda mereka. Belum lagi Trauma yang pasti masih dialami oleh para Korban Bencana yang pada saat itu melihat langsung harta benda dan ternak mereka lenyap ditelan banjir saat itu.

Dan seperti yang kita ketahui bersama, Para NGO (Non-Goverment Organization) atau yang biasa kita kenal dengan sebutan “Relawan” banyak yang turun tangan membantu saudara-suadari kita yang terdampak bencana, Salah satunya yaitu Crisis Aid Indonesia dan Tim ICM Peduli serta beberapa Organisasi Relawan lainnya yang tergabung dalam Markaz Bersama As-Sunnah mengambil peran dalam Pemulihan Kondisi Pasca Bencana, dengan meliputi kebutuhan Jasmani dan kebutuhan Rohani mereka dengan menyebarkan Syiar Islam. Setelah beberapa minggu berselang membuat posko di titik lokasi bencana, akhirnya Pengabdian ditutup dengan diadakannya Tabligh Akbar, Pengobatan dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Pembagian Sembako Massal.

Tetapi, Pasca dari itu, kami tidak menutup mata untuk tetap membantu saudara-saudari kita yang terdampak bencana. Pasca pemulihan lokasi bencana, Islamic Center Mu’adz bin Jabal yang kebetulan mempunyai Rumah Qur’an (RAI) yang lokasinya dekat dengan lokasi bencana dimanfaatkan guna pemberdayaan dan pemulihan psikis para korban bencana, seperti dengan mengadakan ta’lim rutin di beberapa masjid lokasi bencana guna penguatan untuk para korban bencana serta pemberdayaan lainnya yang sementara digarap.

Dengan berlandaskan menyebarkan Syiar Islam serta ingin menebar kebaikan di daerah pelosok khususnya didaerah Pasca Bencana, Hadirlah kegiatan yang bertemakan “Tebar Kurban ICM 1440 H”. Singkat cerita, kegiatan ini perdana dilakukan dengan berpikiran bahwa suka cita yang kita rasakan di saat Hari Ied’ adha adalah sukacita semua kaum muslimin. Maka dari itu, dengan diadakannya Tebar Kurban ICM 1440 H, diharapkan dapat bisa mengurangi trauma para Korban Bencana serta mengikis kegundahan bahwa mereka tidak sendiri, karena Setiap kaum muslim dan muslim lainnya seyogyanya seperti tubuh yang bagian tubuhnya saling bergantung dan berkordinasi satu sama lain, jika bagian tubuh ada yang sakit, maka bagian tubuh lainnya akan merasakan sakitnya pula.

Dengan menggandeng beberapa NGO yang menjadi mitra di Markaz Bersama As-Sunnah, seperti Al-Ummahat Peduli, Sahabat Yatim Indonesia, Yayasan Mush’ab Bin Umair, dan lain-lain serta Crisis Aid Indonesia itu sendiri sebagai tuan rumah akhirnya ‘Reunian‘ dalam menebar kebaikan dan berkolaborasi tanpa batas.

Setelah Sapi dan Kambing yang telah ‘Disulap‘ menjadi beberapa paket Kurban, Akhirnya tepat pada Sore hari Pasca Shalat Ied’ Adha, Rombongan Tim Tebar Kurban ICM 1440 H bertolak dari Markaz Islamic Center Mu’adz bin Jabal Menuju Daerah terdampak bencana, Tim Relawan pun diamanahkan ada yang menyalurkan di Konawe Utara dan ada yang di Konawe. Untuk daftar daerah-daerah yang menjadi titik lokasi distribusi paket Kurban adalah sebagai berikut :

Tepatnya 10 Menit menjelang waktu Adzan Magrib di Daerah Wonggeduku, Konawe dan Sekitarnya, akhirnya tim Tebar Kurban ICM 1440 H telah sampai di titik pertemuan tepatnya di Rumah Al-Qur’an ICM cabang Wonggeduku dengan Para Relawan Lokal yang tergabung dalam Konawe Mengaji, tak tanggung-tanggung Relawan dari Konawe Mengaji siap berkolaborasi untuk menyukseskan kegiatan Tebar Kurban Kali ini padahal beberapa dari mereka adalah salah satu korban yang terdampak bencana juga. Masyaa Allah, Barokallahu Fyikum.

Setelah Shalat Magrib, Akhirnya Tim Relawan gabungan melakukan Briefing singkat terkait pembagian tugas ke titik-titik lokasi pendistribusian. Setelah itu, barulah Tim Relawan melaksanakan tugasnya yaitu menyebarkan paket kurban ke masing-masing titik lokasi. Untuk menjaga kualitas daging kurban, Setiap paket kurban di masukkan ke Kardus Styrofoam yang didalamnya dimasukkan Es batu untuk menjaga suhu dan kelembaban daging masih terjaga sampai di tangan para korban bencana.

Berpindah dari lokasi ke lokasi lain, Tim Relawan melajukan kendaraan masing-masing untuk mengantarkan Paket Daging Kurban. Tak tanggung-tanggung, dengan Medan Jalan pasca Bencana serta kurangnya penerangan tak menyulutkan semangat para Relawan dalam menebarkan Paket Kurban kali ini. Tak lupa juga disediakannya Hadiah untuk anak-anak dilokasi bencana yang telah disiapkan oleh ‘Abah’ dari Yayasan Al-Ummahat Peduli yang jauh-jauh datang dari Bekasi dan turun langsung di Daerah lokasi bencana dan membantu kelancaraan acara Tebar Kurban Kali ini.

Tak ada hal yang indah dan menyenangkan selain yang kami temukan di Kegiatan Tebar Kurban ICM 1440 H yaitu Senyum Bahagia para Korban Bencana ketika melihat dari Jauh Para Rombongan para Relawan, mereka rela menunggu beberapa jam di titik yang telah ditentukan, bukan menunggu sebongkahan emas atau berlian, tapi sepaket daging kurban yang bisa mereka nikmati sekeluarga di salah satu Hari Raya Besar Islam ini. Senyum tawa Para korban menjadi pelebur rasa lelah tersendiri bagi para Relawan sehingga pada pukul 21.30 WITA, Semua Paket Kurban di tiap titik lokasi telah didistribusikan.

Untuk Tim Relawan Tebar Kurban ICM 1440 H di Daerah Bencana Konawe Utara dan sekitarnya juga telah menyelesaikan amanah dengan baik.

“Alhamdulillah 69 ekor Sapi dan 90 ekor Kambing sudah terdistribusikan dengan baik.
Jazaakumullah khairan untuk semua pihak yang telah berpartisipasi dalam program ini”. Kutipan Salah satu Unggahan Ust. Zezen Zaenal Mursalin, Lc selaku Direktur Islamic Center Mu’adz bin jabal Terkait Program Tebar Kurban Tahun ini.

Jazaakumullahu Khairan wa Barokallahu Fyikum Penulis secara pribadi utarakan untuk Tim Relawan Penyelenggara dan seluruh Lembaga yang turut andil dalam kegiatan ini, sehingga Tebar Kurban ICM 1440 H kali ini berjalan dengan Lancar, Semoga Tebar Kurban kali ini menjadi ‘Batu Loncatan’ untuk mengadakan Tebar-Tebar Kebaikan Lainnya.

Shares