ICM Kendari, Sulawesi Tenggara Pendidikan

‘Studi Banding’ Perangkat Pendidikan Islamic Center Mu’adz bin Jabal

[Kamis, 19 Jumadil Akhirah 1441 H]

Bismillah,

Islamic Center Mu’adz bin Jabal merupakan Lembaga Da’wah dan Sosial yang memiliki visi “Menjadikan Lembaga Berbasis Islam yang Unggul dalam Bidang Sosial/Pendidikan, Kemanusiaan dan Keagamaan, untuk Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang Mengantarkan Masyarakat Berpendidikan, Berbudaya, Berkepribadian dan Akhlakul Karimah”. Sampai saat ini, Islamic Center Mu’adz bin Jabal terus berusaha merealisasikan visi tersebut dengan menghadirkan beberapa divisi-divisi yang mengemban tugas dan amanah dari ummat, seperti divisi Dakwah, Sosial, Pendidikan, Media, Muslimah dll.

Untuk mengemban amanah ummat, saat ini Islamic Center Mu’adz bin Jabal, khususnya dalam hal Pendidikan, membuktikan keseriusannya dengan mendirikan jenjang-jenjang sekolah berbasis Islam, mulai dari TK Islam Mu’adz bin Jabal, SD Tahfidzul Qur’an, SMP Tahfidzul Qur’an, SMA Tahfidzul Qur’an dan Ma’had A’ly. Dan Alhamdulillah, berkat izin Allah azza wa jalla dan dukungan dari masyarakat membuat jenjang-jenjang pendidikan yang dimiliki oleh Islamic Center Mu’adz bin Jabal menjadi salah satu prioritas pilihan para orangtua yang menginginkan anak-anaknya mengenyam pendidikan yang mengedapankan syariat islam sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Perlunya inovasi dan pengembangan dalam hal pendidikan, membuat Islamic Center Mu’adz bin Jabal mengadakan Studi Banding di beberapa instansi Pendidikan Islam di Indonesia. Selain karena melihat beberapa manfaat dari Studi banding itu sendiri, seperti dapat menambah wawasan terhadap perkembangan dunia luar, sebagai motivasi juga bisa menambah relasi yang kita sebut ukhuwah agar Islamic Center Mu’adz bin Jabal dan Instansi Pendidikan Islam lainnya dapat berta’awun di dalam kebaikan, khususnya dalam hal pendidikan Islam.

“Tujuan dari Studi Banding kali ini yaitu, untuk menjalin ukhuwah dan kerjasama antar lembaga dan berikutnya kita harapkan dapat melakukan transfer ilmu dan pengalaman di bidang pendidikan khususnya di lembaga-lembaga yang kita pandang memiliki keunggulan dalam beberapa bidang tertentu”, ucap Ust. H. Zezen Zaenal Mursalin, Lc Selaku Direktur Islamic Center Mu’adz bin Jabal.

Hari Rabu kemarin, Direktur Islamic Center Mu’adz bin Jabal, H. Zezen Zaenal Mursalin, Lc beserta rombongan studi banding yang terdiri dari Perangkat Divisi Pendidikan ICM Kendari, Komite Sekolah, Seluruh Kepala Sekolah yang berada pada Naungan ICM, Perwakilan ICM Wakatobi, ICM Konawe Selatan, dan PonPes Baitul Arqom Polinggona bertolak menuju ke Bekasi, Jawa Barat memulai rangkaian kegiatan studi banding kali ini. Adapun lembaga-lembaga pendidikan yang akan dikunjungi adalah sebagai berikut :

  1. Al-Binaa Islamic Boarding School, Bekasi (https://albinaa.sch.id/)
  2. Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar, Kemayoran, Jakarta (http://www.al-azhar.or.id/)
  3. KAFILA International Islamic School, DKI Jakarta (https://kafila.sch.id/)

“Harapannya, Islamic Center Mu’adz bin Jabal dapat mengambil pelajaran dan pengalaman-pengalaman positif yang telah diterapkan di lembaga-lembaga yang akan dikunjungi karena mereka tentu lebih terdahulu dan lebih maju dalam bidang IPTEK, sarana dan Lainnya yang tentunya perlunya masih kita akan tingkatkan di Islamic Center Mu’adz bin Jabal”, ujar Ust. Zezen Zaenal Mursalin, Lc.

Hasil atau luaran yang diharapkan dalam Studi banding kali ini di beberapa Instansi Pendidikan Islam yang dikunjungi berfokus pada masalah bagaimana mengkolaborasikan dan menintegrasikan antara kurikulum dari diknas dan kurikulum kepesantrenan dan bagaimana streategi yang bisa kita lakukan. Tak lupa juga dalam hal bina prestasi, kepengasuhan, pendidikan karakter, pembinaan para guru, staff & karyawan, Fundrising dan kelembagaan, sosial dan bagaimana membangun hubungan harmonis antar pesantren, masyarakat dan pemerintah sehingga dapat terjalin komunikasi yang baik.

Kunjungan di Al-Binaa Islamic Boarding School, Bekasi

Penyerahan Cinderamata kepada perwakilan Al-Binaa Islamic Boarding School kepada Direktur Islamic Center Mu’adz bin Jabal

Rombongan Studi Banding sedang melakukan kunjungan ke Studio Utama Puldapii TV yang berlokasi di Kompleks Al-Binaa Islamic Boarding School

Shares