Cabang ICM Kendari, Sulawesi Tenggara

Kunjungan Pertama Kapolda Sultra yang Baru

Kunjungan Kapolda1

Sabtu, 28 Dzulqa’dah 1436 H/ 12 September 2015 Kapolda Sulawesi Tenggara melakukan kunjungan kerja pertamanya ke Islamic Center Muadz Bin Jabal. Pada  7 September 2015 yang lalu Brigjend Polisi Drs. Agung  Sabar Santoso, SH.MH di angkat menjadi Kapolda  SULTRA menggantikan kapolda sebelumnya , Brigjend Polisi Drs. H. Arkian Lubis, SH  meskipun pisah sambut dan serah terima jabatan antara Kapolda yang baru dengan  Kapolda sebelumnya, terlaksana pada jumat 11 September 2015.

Dalam kunjungan pertamanya di Islamic Center Muadz Bin Jabal (ICM) di awali dengan pelaksanaan shalat Subuh berjamaah di Masjid Mu’adz Bin Jabal. Setelah shalat subuh acara dilanjutkan dengan sepatah kata dari pimpinan ICM  Kendari.  H. Zezen Zaenal Mursalin,Lc selaku pimpinan ICM mengungkapkan kesyukurannya atas kunjungan dari  Kapolda Sultra yang baru. Ustadz Zezen, demikian sapaan akrabnya menyampaikan perkembangan ICM diantaranya pengembangan dalam dunia pendidikan  dari Taman Kanak-Kanak (TK) sampai Tingkat SMA dan Program Pendidikan Imam dan Da’i (PROKID).  Selain itu, juga dipaparkan pengembangan ICM kebebarapa Kabupaten seperti di Tinanggea, Wakatobi dan Kolaka. Tidak lupa dipaparkan kerja sama ICM dengan pemerintah baik di tingkat Kota maupun di tingkat provinsi serta kerja sama yang terjalin antara ICM dengan Kapolda Sultra dalam membina moralitas masyarakat dan Bangsa Indonesia baik melalui dalam bentuk kajian islam dari masjid-masjid maupun melalui radio Muadz Bin Jabal 94.30 FM.   Sambutan dari Pimpinan ICM ditutup dengan permohonan maaf  bila dalam penyambutan dari  pihak ICM terdapat hal yang kurang berkenan dan sangat sederhana.

Kunjungan Kapolda2

Sementara itu, dalam sambutannya sebagai Kapolda SULTRA, Brigjend Polisi Drs. Agung  Sabar Santoso, SH.MH  menyampaikan bahwa peran para Ustadz dan Polri memiliki kesamaan yaitu mengajarkan kebaikan, melaksanakan dan menegakkan kebenaran.

“ Tugas Polri dan tugas da’i atau Ustadz adalah sama yaitu masing-masing mengajarkan kebaikan. Masing-masing kita ingin supaya umat manusia melaksanakan apa yang disampaikan oleh Pimpinan kita yaitu menegakkan keadilan dan kebenaran”.

Kapolda Sultra pun meminta doa dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat sultra untuk menciptakan ketentraman dan keamanan. Tak lupa pula ia menyampaikan bahwa kunjungan ini adalah kunjungan pertamanya sejak menjabat sebagai Kapolda Sultra.

“Sejak saya dilantik sebagai Kapolda SULTRA maka kunjungan saya yang pertama adalah ke Islamic Center Mu’adz bin Jabal ini. Hal ini merupakan kebanggaan bagi saya”

Ceremial ini di akhiri dengan arahan dan sambutan dari  DR. Patrialis Akbar, Salah Satu Hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Perjalanannya ke Sulawesi Tenggara dalam rangka menghadiri acara pisah sambut dan serah terima jabatan Kapolda Sultra. Patrialis Akbar menyampaikan pentingnya untuk memperbaiki niat dalam menjalankan tugas sehingga selalu dalam bimbingan Allah dan akan mendapat pahala selama melaksanakan tugas. Tak lupa pula Patrialis menyampaikan bahwa ajaran Islam adalah ajaran yang mengajarkan ketentraman dan ketenangan. Ajaran islam yang dimaksud adalah ajaran yang sesuai dengan petunjuk  Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam.  Dimana ditemukan dalam petunjuk Nabi mengajarkan ketaatan pada pemimpin dan memusuhi apa yang dinamakan terorisme dan radikalisme. Dengan ajaran seperti ini maka baik pihak pemerintah , penegak hukum maupun dari pihak ICM bisa saling bekerja sama dalam membangun moralitas bangsa.

“ Membangun Moralitas Bangsa sebagaimana yang dicita-citakan oleh KH Ahmad Dahlan adalah membangun moralitas bangsa yang jauh dari sifat keburukan dan kejahilian. Untuk merubah hal ini dibutuhkan kesabaran sebab akan ditemukan tantangan-tantangan” Demikian kata Patrialis Akbar yang pernah menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM diperiode Kabinet Indonesia Bersatu II.

Kunjungan Kapolda Sultra di ICM ditutup dengan Sarapan pagi dan foto bersama.

Hadir dalam kunjungan tersebut  Mantan Kapolda Sultra  Brigjend Polisi Drs. H. Arkian Lubis, SH yang saat ini menjabat sebagai  Karoreminbahankam POLRI, DR. Patrialis Akbar, salah satu Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Kepala Kanwil Hukum dan HAM Sultra , Ilham Djaya S.H.,MH,M.Pd., Dir Intel Polda Sultra Kombes Polisi Drs. Purwandi.

 

Shares