Dakwah

Rihlah Qur’aniyah ICM

Sabtu sore , 16 Muharram 1439 H / 7 Oktober 2017. Sinar mentari sudah mulai tenggelam para peserta sudah bersiap-siap di mobil Bus Islamic Center Mu’adz Bin Jabal  menantikan  keberangkatan menuju Masjid Lokasi tempat dilaksanakannya kegiatan “Rihlah Qur’aniyah” (semalam bersama Al-Qur’an), kegiatan ini adalah salah satu program da’wah terbaru dari Islamic Center Mu’adz Bin Jabal Kendari, kegiatan ini bertujuan meningkatkan semangat menghafal dan murojaah serta mempererat ukhuwah diantara kaum muslimin.

Segala persiapan teknis telah dipersiapkan, dan para peserta serta panitia pun berangkat sore itu, Program Rihlah Quraniyah perdana ini diselenggarakan di Masjid Jami Al Maghribi Jl, Konda – Bandara Haluoleo Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, di dalam kegiatan ini, para peserta di ajak untuk menghafal satu surah dalam Al-Qur’an dalam jangka waktu satu malam, dimana nama dari surah ini sudah ditentukan sebelumnya oleh panitia, metode dalam menghafal digunakan metode dengan cara talaqqi langsung kepada Ustadz pembimbing.

Metode Talaqqi adalah suatu cara belajar dan mengajar Al-Qur’an dari Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam kepada para sahabat beliau, dan kemudian oleh mereka diteruskan ke generasi selanjutnya hingga kini. Metode ini terbukti paling lengkap dalam mengajarkan bacaan Al-Qur’an yang benar, dan paling mudah diterima oleh semua kalangan. Metode ini menjadi bukti historis keaslian Al-Qur’an yang bersumber dari Allah Subhanahu wa Ta’ala

Metode Talaqqi yang luar biasa yang dapat menjadi contoh bagi kita semua dalam menuntut ilmu Al-Quran yaitu metode Talaqqinya nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam kepada Malaikat Jibril, ayat demi ayat dibacakan dengan tartil kemudian Rasul mengikutinya sebagaimana bacaan yang disampaikan oleh malaikat jibril, bahkan metode ini Allah ceritakan didalam Al-Quran ketika Allah subhaanahu wata’ala sedikit memperingatkan Nabi Muhammad untuk tidak terlalu cepat mengikuti bacaannya Malaikat Jibril ketika Al-Quran dibacakan kepadanya karena dengan harapan lebih cepat menguasai dan menghafalnya, padahal terekamnya bacaan Al-Quran yang disampaikan oleh Malaikat Jibril ke dalam dada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam itu adalah semata-mata tanggungan Allah Subhaanahu wata’ala. Sebagaimana bisa kita simak didalam Al-Quran surat Al-Qiyamah ayat 16 – 18 berikut:

“Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) Al Quran karena hendak cepat-cepat (menguasai)nya, Sesungguhnya atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya. Apabila Kami telah selesai membacakannya maka ikutilah bacaannya itu”

Kegiatan ini “Rihlah Qur’aniyah” akan diadakan rutin setiap pekannya, peserta yang hendak mengikuti kegiatan ini dapat mendaftarkan diri kepada panitia di kantor ICM Kota Kendari.

 

Shares