Dakwah

Kajian Jelang Ifthor Shaum Arafah

1

ICM kembali menyelenggarakan kajian Rutin yang di adakan setiap setahun sekali, Kajian Jelang Ifthor Shaum Arafah (kajian menjelang berbuka Puasa Arafah). Puasa Arafah adalah salah satu amalan yang utama di awal bulan Dzulhijjah tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah, puasa ini memiliki keutamaan yang semestinya tidak di lewatkan oleh kaum muslimin. puasa ini dilaksanakan bagi kaum muslimin yang tidak melaksanakan haji.

Dari Abu Qotadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Puasa Arofah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu.” (HR. Muslim no. 1162)

foto1

Materi kajian disampaikan oleh Ust. Zezen Zaenal Mursalin, LC & dihadiri oleh ratusan jamaah dari kota Kendari yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat.

Kajian ini diselenggarakan di Masjid Islamic Center Mu’adz Bin Jabal (ICM), di Jl. Prof. Abd. Rauf Tarimana, Kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu Kota Kendari – Sulawesi Tenggara dan di pancar luaskan oleh radio Mu’adz 94,3FM, radio online streaming di www.radiomuadz.com dan www.icm.or.id.

Dalam kajiannya Ust. Zezen Zaenal Mursalin, LC yang juga Pimpinan ICM ini mengatakan:

“hari Arafah adalah hari yang mulia, hari Arafah adalah hari yang sangat agung, Allah Subhanallahu wa Ta’ala telah meninggikan derajatnya, hari Arafah adalah hari anugerah, hari yang penuh rahmat, hari yang penuh berkah dan kebaikan, Allah Subhanallahu wa Ta’ala menurunkan berbagai macam rahmat-Nya kepada hamba-hamba-Nya, Allah Subhanallahu wa Ta’ala mengabulkan doa para hamba-Nya, Allah Subhanallahu wa Ta’ala mengampuni bahkan membebaskan mereka dari azab. Orang yang merugi pada hari ini (hari Arafah) adalah orang yang tidak dibebaskan oleh Allah Subhanallahu wa Ta’ala dari api neraka, oleh sebab itu kita berdoa kepada Allah Subhanallahu wa Ta’ala agar Allah Subhanallahu wa Ta’ala menjadikan kita, ibu bapak, keluarga kita dan seluruh kaum muslimin agar termasuk orang-orang yang dibebaskan dari api neraka”.

Kajian ini diselenggarakan pada tanggal 9 Dzulhijjah 1437H/11-09-2016 pukul 16.30 – 17.45, kajian ini diadakan untuk mengingatkan kita akan pentingnya hari Arafah, dimana pada masa sekarang ini banyak dari kaum muslimin yang tidak mengetahui apa itu hari Arafah dan keutamaannya, diharapkan dengan adanya kajian ini bisa menambah ilmu bagi kaum muslimin yang hadir ataupun kaum muslimin yang tidak sempat hadir namun  mendengar kajian ini via radio ataupun rekaman.

Kajian ini berakhir pada pukul 17.45 kemudian dilanjutkan dengan buka puasa bersama.

foto2

Untuk mendengarkan Kajian Lengkapnya bisa di download di www.radiomuadz.com

 

Shares